Dua Kutub Umat Islam di Indonesia

ngaji

Terjadi ketimpangan antara dua kutub umat Islam saat ini, yaitu antara yang ‘muslim yang sudah ngaji’ (saat kecil dan remajanya mondok, sekolah diniyah, menekuni bahasa arab, dan ilmu agama) dengan ‘muslim perkotaan’ (yang hidupnya di kota penuh dengan kegelamoran di masa lalunya dan kini baru hijrah, baru ngaji, baru tobat, masa kecil dan remajanya tidak ada akses belajar agama Islam yang memadai, semangat agama tinggi tapi tidak di imbangi ilmu agama yang memadai sehingga kadang salah kaprah dalam menilai suatu hal).

Dengan adanya dua kelompok muslim ini, harusnya ‘muslim yang sudah ngaji’ ini tidak sombong dan merasa tinggi ilmu dengan mengatakan “lu gak pernah ngaji ya, makanya ngaji, jangan ngaji ke syekh google, makanya belajar bahasa arab, makanya mondok, dan kata-kata yang bisa menyakitkan hati saudaranya yang baru hijrah itu” kepada ‘muslim perkotaan’.

Dan harusnya ‘muslim perkotaan’ ini tidak tinggi hati sombong menyalah-nyalahkan Ulama hanya karena dia baru ngaji ke beberapa ustadz saja yang berbeda pendapat dengan Ulama lain dengan mengatakan “Ulama ini bid’ah, ahli neraka, ini amalan bid’ah, dan kata-kata yang bisa menunjukkan kebodohannya karena kedangkalan pemahamannya itu” kepada ‘muslim yang sudah ngaji’.

Mari kita bersama-sama saling membantu, ‘muslim yang sudah ngaji’ janganlah merendahkan ‘muslim perkotaan’, begitupun juga ‘muslim perkotaan’ jangan mudah menyalah-nyalahkan Ulama dan harus punya semangat mempelajari ilmu agama. Muslim harus bersatu, karena umat Islam itu bagaikan satu tubuh, bagaikan satu bangunan. Jika terus ada sifat-sifat jelek ini, peradaban tidak akan bisa di bangun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: